Minggu, 15 Juli 2012

PERILAKU YANG TIDAK EFEKTIF DAN YANG EFEKTIF



Apatis, tumpul/tidak kreatif, menampakan sikap bosen
Tanggap, menampakan antusiasme

Menampakkan sikap tidak tertarik/tidak bersemangat di hadapan murid dan aktivitas kelas
Menumbuhkan ketertarikan pada murid dan aktivitas kelas

Tegang, pesimis dan menampakan sikap tidak bahagia / murung
Bersikap gembira dan optimis

Kehilangan control dan mudah marah
Kontrol diri yang baik, dan tidak mudah marah

Terlalu serius dan tidak santai dalam menghadapi humor
Suka bercanda dan memiliki rasa humor

Tidak tanggap/ sadar pada kesalahan dan kelalaian sendiri
Mengenali dan mengakui kesalahan sendiri

Tidak adil dan berpihak dalam menyelesaikan masalah diantara murid
Adil, tidak memihak, dan bersikap objektif dalam memperlakukan murid

Tidak sabar
Sabar

Mudah tersinggung pada murid, menggunakan kata-kata kasar, serta tidak menampakan kepekaan/sikap simpati pada murid
Menunjukkan sikap yang bijak dan simpati dalam berinteraksi dengan murid

Menjaga jarak dalam berhubungan dengan murid
Ramah/bersahabat dan santun dalam berhubungan dengan murid

Nampak tidak peduli dengan kebutuhan dan masalah pribadi murid
Membantu murid dengan sentuhan personal sebaik kita menangani persoalan-persoalan pendidikan

Tidak memberi tanggapan pada murid dan tidak mau dikritik
Memberi komentar dan penghargaan pada murid yang melaksanakan tugas dengan baik

Mencurigai sikap-sikap/ motivasi-motivasi murid
Menerima upaya/usaha murid dengan sikap tulus

Tidak antisipasif terhadap reaksi orang lain dalam hubungan social
Mengantisipasi reaksi-reaksi dari luar dalam situasi-situasi social/umum

Tidak ada upaya untuk mendorong murid dalam melakukan yang terbaik
Mendorong / menyemangati murid-murid untuk selalu mencoba berbuat yang terbaik

Prosedur tidak terencana dan tidak terorganisir
Mengikuti prosedur di kelas dengan terencana dan termenej dengan baik

Prosedur tidak terencana dan tidak terorganisir
Mengikuti prosedur di kelas dengan terencana dan termenej dengan baik

Menunjukkan sikap yang sangat kaku dalam melaksanakan atuaran, ketidakmampuan dalam mejalankan rencana
Namun juga memiliki elastisitas dalam menjalankan keseluruhan rencana dan prosedur yang sudah direncanakan

Gagal memahami teknik mengajar dengan materi yang tidak menarik
Tanggap dan antisipatif pada kebutuhan-kebutuhan perorangan (kebutuhan khusus)

Menggunakan teknik mengajar dengan materi yang tidak menarik
Menstimulasi murid melalui materi-materi dan teknik-teknik yang menarik dan orisinal

Demonstrasi dan penjelasan yang tidak jelas dan tidak terarah
Memberi pengarahan dengan jelas, contoh dengan praktis dan memberi keterangan dengan jelas

Arahan tidak selesai dan membingungkan
Jelas dan seksama / teliti dalam memberikan pengarahan

Gagal memberikan murid kesempatan menyelesaikan dan mengevaluasi masalah mereka sendiri
Mendorong murid-murid untuk bekerja fokus hanya pada persoalan mereka, dan mengevaluasi yang telah mereka capai setelah itu

Lalai, gugup, mengabaikan dan curiga
Disiplin, tenang, bersikap menghadapi, dan bersikap positif

Tak dapat memberikan pertolongan dan memberikan rasa dendam/sakit hati
Memberi pertolongan dengan tangan terbuka

Tidak mampu memberikan prediksi atau antisipasi pada hal-hal yang menimbulkan kesul;itan
Memprediksi dan mencoba mencari jalan bagi hal-hal potensial yang menimbulkan kesulitan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar