Apatis, tumpul/tidak kreatif, menampakan
sikap bosen
Tanggap, menampakan antusiasme
Menampakkan sikap tidak tertarik/tidak
bersemangat di hadapan murid dan aktivitas kelas
Menumbuhkan ketertarikan pada murid dan
aktivitas kelas
Tegang, pesimis
dan menampakan sikap tidak bahagia / murung
Bersikap gembira dan optimis
Kehilangan control dan mudah marah
Kontrol diri yang baik, dan tidak mudah
marah
Terlalu serius
dan tidak santai dalam menghadapi humor
Suka bercanda dan memiliki rasa humor
Tidak tanggap/
sadar pada kesalahan dan kelalaian sendiri
Mengenali dan mengakui kesalahan sendiri
Tidak adil dan
berpihak dalam menyelesaikan masalah diantara murid
Adil, tidak memihak, dan bersikap objektif
dalam memperlakukan murid
Tidak sabar
Sabar
Mudah tersinggung
pada murid, menggunakan kata-kata kasar, serta tidak menampakan kepekaan/sikap
simpati pada murid
Menunjukkan sikap yang bijak dan simpati
dalam berinteraksi dengan murid
Menjaga jarak
dalam berhubungan dengan murid
Ramah/bersahabat dan santun dalam
berhubungan dengan murid
Nampak tidak
peduli dengan kebutuhan dan masalah pribadi murid
Membantu murid dengan sentuhan personal
sebaik kita menangani persoalan-persoalan pendidikan
Tidak memberi
tanggapan pada murid dan tidak mau dikritik
Memberi komentar dan penghargaan pada murid
yang melaksanakan tugas dengan baik
Mencurigai
sikap-sikap/ motivasi-motivasi murid
Menerima upaya/usaha murid dengan sikap
tulus
Tidak antisipasif
terhadap reaksi orang lain dalam hubungan social
Mengantisipasi reaksi-reaksi dari luar
dalam situasi-situasi social/umum
Tidak ada upaya
untuk mendorong murid dalam melakukan yang terbaik
Mendorong / menyemangati murid-murid untuk
selalu mencoba berbuat yang terbaik
Prosedur tidak terencana dan tidak
terorganisir
Mengikuti prosedur di kelas dengan
terencana dan termenej dengan baik
Prosedur tidak
terencana dan tidak terorganisir
Mengikuti prosedur di kelas dengan
terencana dan termenej dengan baik
Menunjukkan sikap yang sangat kaku dalam
melaksanakan atuaran, ketidakmampuan dalam mejalankan rencana
Namun juga memiliki elastisitas dalam
menjalankan keseluruhan rencana dan prosedur yang sudah direncanakan
Gagal memahami
teknik mengajar dengan materi yang tidak menarik
Tanggap dan antisipatif pada
kebutuhan-kebutuhan perorangan (kebutuhan khusus)
Menggunakan teknik mengajar dengan materi
yang tidak menarik
Menstimulasi murid melalui materi-materi
dan teknik-teknik yang menarik dan orisinal
Demonstrasi dan
penjelasan yang tidak jelas dan tidak terarah
Memberi pengarahan dengan jelas, contoh
dengan praktis dan memberi keterangan dengan jelas
Arahan tidak selesai dan membingungkan
Jelas dan seksama / teliti dalam memberikan
pengarahan
Gagal memberikan
murid kesempatan menyelesaikan dan mengevaluasi masalah mereka sendiri
Mendorong murid-murid untuk bekerja fokus
hanya pada persoalan mereka, dan mengevaluasi yang telah mereka capai setelah
itu
Lalai, gugup, mengabaikan dan curiga
Disiplin, tenang, bersikap menghadapi, dan
bersikap positif
Tak dapat memberikan pertolongan dan
memberikan rasa dendam/sakit hati
Memberi pertolongan dengan tangan terbuka
Tidak mampu
memberikan prediksi atau antisipasi pada hal-hal yang menimbulkan kesul;itan
Memprediksi dan mencoba mencari jalan bagi
hal-hal potensial yang menimbulkan kesulitan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar